PENGARUH BDR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS

Authors

  • Nur’aini Retno Dewanti SMP N 281 JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.52187/rdt.v2i1.31

Keywords:

belajar dari rumah, peran orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 membawa dampak yang besar di semua bidang dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan dunia, termasuk bidang pendidikan. Untuk memutus penyebaran Covid-19, maka kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) harus diberlakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh BDR dan Peran Orang Tua   terhadap Motivasi Belajar. 2) pengaruh BDR terhadap Motivasi Belajar. 3). Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Moditvasi Belajar. 4) pengaruh BDR dan Peran Orang Tua secara  terhadap Prestasi Belajar IPS. 5) pengaruh BDR terhadap Prestasi Beljar IPS. 6) pengaruh Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian mengambil lokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 281 Jakarta. Oleh karena itu hasil penelitian ini mewakili populasi di Sekolah Menengah Pertama  Negeri 281 Jakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian 358 dan sampel yang diambil 75 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuessioner secara daring untuk variabel BDR, Peran Orang Tua, dan Motivasi belajar. Untuk variabel Prestasi Belajar IPS diadakan tes secara daring. Dengan angka sig = 0,004 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi BDR dan Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar. Dengan angka sig = 0,004 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi BDR terhadap Motivasi Belajar. Dengan angka sig = 0,015 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi peran orang tua terhadap Motivasi Belajar. Dengan angka sig = 0,000 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi BDR dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS. Dengan angka Sig = 0,006 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi BDR terhadap Prestasi Belajar IPS. Dengan angka Sig = 0.000 < 0, 05 membuktikan bahwa terdapat signifikansi Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS.

 

The covid-19 pandemic has had a major impact in all areas on leaves of Indonesians and world, including education. To break the spreading of Covid-19, the learning from home policy must be enforced. The  study aims to determine: 1) The influence of learning from home and the parental participation together on learning motivation. 2) The influence  of learning from home on learning motivation. 3). The influence of the parental participation on learning motivation. 4) The influence of learning from home and the parental participation togrther on Social Studies learning achievement. 5) The influence of learning from home on Social Studies learning ahievemnet. 6) The influence of the role of parents on Social studies learning achievment. The research took place at 281 Public Junior High school Jakarta, therefore this research represents the population at public junior high school Jakarta. The study using a quantitative research method and using multiple linier regression analysis technique. The research population was 358 and the sample was 75 respondents taken. Data collection was carried out using online questionnaire technique for variables of learning from home, the role of parents, and learning motivation. For the Social Studies Learning Achievement variabel, an online test was held. With the number sig = 0,004 < 0, 05, it proves that there is a significance of learning from home and parental participation on learning motivating. With the sig = 0,004 < 0, 05, it prove s that there is a significance of learning from home on learning motivation. With the sig = 0,015 < 0, 05, it proves that there is a significance of parental participation on learning motivation. With the sig = 0,000 < 0, 05, it proves that there is a significance of learning from home ang parental participation on the social studies learning achievement. With the sig = 0,006 < 0, 05 it proves that there is a significance of learning from home on the social studies learning achievement. With the Sig = 0,000 < 0, 05 it proves that there is a significance of parental participation on the social studies learning achievement.

References

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 1–12.

Hamzah B.Uno. (2016). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. PT Pustaka Mandiri.

J. L. Moore, C. Dickson-Deane, and K. G. (2011). E-learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?” The Internet and Higher Education, Web Mining and Higher Education: Introduction to the Special Issue (vol. 14, n). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001

Raysad, A. (2006). Teori Belajar dan Pembelajaran. Uhamka Press.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Perss. http://opac.stai-sar.ac.id//index.php?p=show_detail&id=568

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktro yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sudjana Nana. (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar (Cet.9). Bandung Remaja Rosdakarya.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Winingsih, E. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Poskita.Co. https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalampembelajaran-jarak-jauh/

Winkel, W. (1996). Psikologi Pengajaran (Cet. ke 4). Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Dewanti, N. R. . (2021). PENGARUH BDR DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS. Radiant, 2(1), 01-16. https://doi.org/10.52187/rdt.v2i1.31